Sudah Tahu Belum? Ada 1.062 Polsek yang Tak Lagi Lakukan ini

oleh -39 views
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. FOTO. DOKUMEN HUMAS POLRI
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. FOTO. DOKUMEN HUMAS POLRI

Radarcirebon.com, CIRTIM – Sebanyak 1.062 Polsek di seluruh Indonesia tidak lagi dapat melakukan penyidikan terhadap sebuah kasus. Polsek-polsek tersebut kini diarahkan kepada upaya pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Hal tersebut sesuai Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan) mulai 23 Maret 2021. Surat tersebut ditandatangani langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Dilansir dari Fajar Indonesia Network (FIN), keputusan ini adalah tindak lanjut program prioritas Jenderal Listyo yang disampaikan pada Commander Wish 28 Januari 2021. Program prioritas di bidang transformasi, program penataan kelembagaan, kegiatan penguatan polsek dan polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri. Kewenangan polsek hanya untuk pemeliharaan kamtibmas.

“Polsek yang tidak melakukan penyidikan dalam hal kewenangan dan pelaksanaan tugasnya memedomani Surat Kapolri Nomor: B/1092/II/REN.1.3./2021 tanggal 17 Februari 2021 perihal direktif Kapolri tentang kewenangan polsek tertentu,” sebut Sigit dalam surat keputusan tersebut, dikutip Rabu (31/3).

Keputusan tersebut merupakan penjabaran janji Listyo Sigit saat fit and proper test Kapolri di Komisi III DPR soal polsek tak lagi dibebani tugas penegakan hukum.

Saat itu dikatakannya, Polri ingin mengedepankan restorative justice dalam menyelesaikan suatu masalah.

“Menjadikan Polsek sebagai basis resolusi dengan memprioritaskan kegiatan harkamtibnas. Ke depan beberapa polsek tidak lagi dibebankan tugas penyidikan. Polsek-polsek tersebut hanya dibebani tugas preemtif dan preventif dan juga penyelesaian masalah dengan restorative justice,” kata Listyo di DPR, Rabu (20/1).

Dikatakannya, tugas penegakan hukum akan ditarik di tingkat Polres. Selain itu, Sigit berharap polsek ke depan bisa lebih dekat dengan masyarakat.

“Untuk penegakan hukum, di wilayah-wilayah tertentu secara bertahap akan ditarik ke tingkat polres, sehingga demikian kami harapkan sosok Polsek di era ke depan akan lebih dekat dengan masyarakat karena mereka melakukan upaya-upaya yang bersifat pencegahan,” katanya.(fin/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.