Sering Terjadi Kecelakaan, Pemuda Lemahabang Swadaya Urug Lubang Jalan Sindanglaut-Ciledug

oleh -195 views
MATERIAL SEADANYA: Pemuda Desa Lemahabang Wetan menambal Jalan MT Haryono menggunakan material seadanya, Rabu (3/3). FOTO. DENY HAMDANI/RADAR CIREBON
MATERIAL SEADANYA: Pemuda Desa Lemahabang Wetan menambal Jalan MT Haryono menggunakan material seadanya, Rabu (3/3). FOTO. DENY HAMDANI/RADAR CIREBON

CIRTIM – Kondisi jalan yang rusak parah dan terkadang menimbulkan kecelakaan, membuat para pemuda di Desa Lemahabang, Kecamatan Lemabahang, Kabupaten Cirebon menutup lubang dengan material seadanya.

Inisiatif ini dilakukan untuk meminimalisir korban kecelakaan akibat menghantam lubang jalan yang kedalamannya rata-rata 20 cm.

Menurut  Fahri, salah satu pemuda setempat, bahwa pengurugan lubang jalan merupakan kesadaran yang tumbuh dari warga, terkait kondisi jalan. Khususnya jalan MT Haryono yang tingkat kerusakannya cukup parah bila dipandang secara kasat mata.

Baca juga: Tegas, Bupati Cirebon: Sudah Saya Instruksikan DPUPR Agar Segera Tangani Jalan Rusak

“Karena banyak yang kecelakaan dan terjatuh karena banyak lubang besar dan kerusakan jalan,”tuturnya.

Mereka menutup lubang jalan dengan material seadanya dengan menggunakan dana swadaya dan meminta sumbangan kepada pengguna jalan untuk membeli material pasir.

“Jadi, uang sumbangan dari pengguna jalan ini bukan untuk kita-kitaan. Kami gunakan untuk membeli material untuk menambal jalan yang berlubang,” imbuhnya.

Dirinya menilai jalan tersebut tidak layak. Sementara, banyak kendaraan yang melalui jalan tersebut, karena akses utama. “Karena jalan lubangnya besar-besar, apalagi kalau hujan ini ditengah jalan sudah kaya danau jadi cukup berbahaya juga kalau dilewati,” ujarnya.

Fahri mengakui penambalan tersebut hanya bersifat sementara dan tidak bertahan lama. Jika hujan, material tentu akan hancur dan terbawa hujan.

Namun, lanjut dia, minimalnya bisa meringankan kerusakan jalan yang cukup.

Dirinya berharap jalan akses utama Cirebon-Ciledug melalui Lemahabang bisa segera ada perbaikkan. “Kami banyak berharap agar jalan ini segera ada perbaikkan, karena jalan ini banyak juga yang melintas dan cukup padat,” ujarnya. (den/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.