Segera Persiapkan Diri Anda! Seleksi PPPK Guru Madrasah Dilaksanakan Mei-Juni 2021

oleh -38 views
MASUK KUOTA CPNS: Pemerintah melalui Direktur Pendidikan Agama Islam, Kementerian Agama sudah menetapkan kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) untuk formasi guru agama FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON
MASUK KUOTA CPNS: Pemerintah melalui Direktur Pendidikan Agama Islam, Kementerian Agama sudah menetapkan kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) untuk formasi guru agama FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag), Nizar mengumumkan, seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk formasi guru madrasah diadakan pada Mei hingga Juni 2021. 

“Rencananya, pendaftaran seleksi akan diadakan pada Mei hingga Juni 2021. Kemudian dilanjutkan pelaksanaanya pada Agustus 2021,” kata Nizar di Jakarta, Kamis (25/3).

Nizar mengatakan, Kemenag saat ini tengah menyusun soal dan modul tes seleksi PPPK. Adapun formasi yang disiapkan pemerintah untuk seleksi guru madrasah tahun ini sebanyak 9.495.

“Kemenag membuka 9.495 formasi guru madrasah pada seleksi PPPK tahun ini,” ujarnya.

Baca juga: Soal Formasi, Berikut Alokasi Kebutuhan Jabatan CPNS dan PPPK Tahun 2021

Tak hanya itu, Kem nag pun mengalokasikan 27.303 formasi untuk guru agama pada seleksi tahun ini. Formasi ini tersebar pada sekolah negeri yang ada di 393 pemerintah daerah.

“Jumlah ini terdiri atas 22.927 formasi guru agama Islam, 2.727 guru agama Kristen, 1.207 guru agama Katolik, 403 guru agama Hindu, dan 39 guru agama Buddha,”

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo memastikan, honorer guru agama akan dimasukkan dalam formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dibuka tahun 2021.

“Sudah kita masukkan. Jadi, honorer guru agama termasuk dalam formasi guru PPPK yang dibuka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” kata Tjahjo dalam keterangannya.

Tjahjo menjelaskan, alokasi PPPK untuk honorer guru agama ini bukanlah alokasi yang ditetapkan sejak awal. Namun, slot yang tersedia dari satu juta guru PPPK Kemendikbud yang belum terpenuhi. Sebab, usulan kebutuhan guru oleh pemerintah daerah tidak mencapai satu juta guru.

“Pak Menteri (Mendikbud) sudah mengalokasikan karena masih ada yang belum tercukupi. Oke, dialokasikan buat Kementerian Agama. Jumlahnya berapa? Bisa kita sinkronkan,” pungkasnya. (fin/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.