Pulihkan Ekonomi, H Satori: Dukung Gerakan BWI

oleh -31 views
DESA WISATA: Anggota Komisi IX DPR-RI dari Fraksi Partai NasDem, H mengajak Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Bhakti Artanta dan jajarannya mengunjungi Taman Wisata Batulawang, Desa Cupang, Kecamatan, Gempol, Kabupaten Cirebon didampingi Kuwu Desa Cupang, Oo Sujiko, Senin (21/6). FOTO. FRAKSI NASDEM DPR-RI
DESA WISATA: Anggota Komisi IX DPR-RI dari Fraksi Partai NasDem, H mengajak Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Bhakti Artanta dan jajarannya mengunjungi Taman Wisata Batulawang, Desa Cupang, Kecamatan, Gempol, Kabupaten Cirebon didampingi Kuwu Desa Cupang, Oo Sujiko, Senin (21/6). FOTO. FRAKSI NASDEM DPR-RI

Radarcirebon.com, CIRTIM – Sebagai wilayah yang memiliki topografi yang unik, Kabupaten Cirebon mempunyai berbagai macam potensi wisata, khususnya wisata alam. Apalagi, animo masyarakat terhadap salah satu jenis wisata tersebut tengah ng-hits sekarang ini.

Salah satu wisata alam yang menjadi primadona di Kabupaten Cirebon adalah Wisata Taman Batulawang, yang terletak di Desa Cupang, Kecamatan Gempol.

Keunggulan wisata ini adalah ukiran batu alami pada dinding tebing batuan andesit yang menyerupai lawang (pintu, red).

Berdasarkan catatan Perhutani, objek wisata ini mempunyai dua tebing, yakni Tebing Cupang yang tingginya antara 23 sampai dengan 30 meter. Sedangkan, Tebing Lawang memiliki tinggi 50 meter.

Dilokasi tersebut mempunyai pemandangan alam yang indah dan dijadikan lokasi untuk olahraga panjat tebing, khususnya di wilayah Ciayumajakuning dengan memiliki 4 jalur pendakian.

Dengan potensi tersebut, anggota Komisi IX DPR-RI dari Fraksi Partai NasDem, H Satori  tertarik untuk berkunjung dengan mengajak Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Bhakti Artanta, didampingi Kuwu Desa Cupang, Oo Sujiko, Senin (21/6).

Melansir dari laman fraksinasdem.org, tujuan dari kunjungan tersebut adalah memperkenalkan sekaligus mengembangkan pariwisata di Kabupaten Cirebon yang notabene daerah pemilihan-nya H. Satori. Selain itu, memperkenalkan fasilitas pembayaran digital melalui platform Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

 “Destinasi wisata ini perlu untuk dikembangkan. Salah satu caranya dengan menggandeng Bank Indonesia untuk mensosialisasikan fasilitas pembayaran melalui QRIS. Sehingga, para wisatawan saat membayar tiket masuk bisa menggunakan QRIS,” kata Satori.

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon ini juga menyampaikan, melalui sosialisasi ini juga menjadi salah satu upaya untuk  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari sektor pariwisata melalui gerakan Bangga Berwisata Indonesia (BWI).

“Kita dukung gerakan Bangga Berwisata Indonesia. Tidak usah jauh-jauh berwisata keluar kota, disekitar kita juga ada lokasi wisata alam yang sangat indah. Tapi, jangan lupa tetap menjaga protokol kesehatan di tempat wisata,” ungkapnya.

Dia pun mengapresiasi atas langkah Pemerintah Desa Cupang yang mampu mengangkat potensi yang ada di desanya, dengan menata Tebing Cupang dan Tebing Lawang, sehingga banyak orang berbondong-bondong datang. Baik untuk sekedar menikmati indahnya alam, atau melakukan olahraga panjang tebing.

“Saya sangat bangga kepada Pemerintah Desa Cupang, karena mampu berfikir kreatif untuk menyulap tempat ini,” bebernya.

Harusnya, tegas dia, Pemerintah Kabupaten Cirebon memberikan support, agar potensi yang ada di Desa Cupang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan daerah. “Pemerintah Daerah harusnya peduli agar desa ini lebih maju lagi,” tegasnya.

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Bhakti Artanta akan memberikan dukungan perupa pengembangan UMKM yang ada disekitar Taman Wisata Batulawang.

“BI akan berikan program untuk membantu pelaku UMKM di Batulawang ini. Tujuannya agar bisa membangkitkan kembali ekonomi ditengah pandemi Covid-19,” singkatnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.