Perbaikan Underpass Mertapada, Butuh Libatkan Banyak Pihak

oleh -76 views
Foto: ILMI YANFA UNNAS FOR RADAR CIREBON Underpass mertapada
Foto: ILMI YANFA UNNAS FOR RADAR CIREBON Underpass mertapada

CIREBON – Ketika musim hujan tiba, masalah pelik yang biasa dihadapi oleh warga di Kecamatan Lemahabang dan sekitarnya adalah rusaknya ruas jalan yang berada dibawah underpass Mertapada.

Kemacetan panjang kerap terjadi di areal tersebut. Penyebabnya adalah, jalan yang sempit, rusak dan adanya air yang menggenang.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, H Hermanto SH, permasalahan underpass Mertapada sangat kompleks.

 “Untuk selesaikan itu, perlu melibatkan semua pihak. Bahkan, sampai Dirjen Perkeretaapian,” tuturnya.

Dijelaskan, perbaikkan jalan dibawah underpass, diperlukan peningkatan jalan agar tidak menjadi langganan banjir karena posisi jalan tersebut paling rendah.

 “Namun, masalah baru muncul ketika jalan ditinggikan. Mobil besar seperti bus dan elf nanti tidak bisa lewat karena atapnya akan terkena rel kereta api,” jelasnya.

Kemudian, lanjut politisi Partai Nasdem ini, apabila rel kereta api ditinggikan rel perlintasan kereta api memerlukan mekanisme dan birokrasi yang panjang, karena harus melibatkan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan PT KAI.

 “Meninggikan rel kereta api tidak sembarangan prosesnya, cukup sulit selain harus berbicara dengan Pemerintah Pusat dan PT KAI tentunya,”Imbuhnya

Oleh karena itu, yang memungkinkan untuk mengatasi persoalan tersebut, Dinas Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Cirebon tetap melakukan perbaikkan tanpa meninggikan jalan.

 “Setelah diperbaiki jalannya, maka akan dipasang pompa penyedot air disitu, sebagai langkah yang memungkinkan akan dilakukan ditahun 2021 ini,”jelasnya. (den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.