Pemilu 2024: PDIP Berpeluang Rebut Kembali Kursi Ketua DPRD

oleh -140 views
DIUNTUNGKAN: Bendahara DPC PDIP Kabupaten Cirebon Rudiana SE optimistis partainya kembali berjaya di 2024 nanti. FOTO. SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON
DIUNTUNGKAN: Bendahara DPC PDIP Kabupaten Cirebon Rudiana SE optimistis partainya kembali berjaya di 2024 nanti. FOTO. SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 menjadi angin segar bagi PDIP Kabupaten Cirebon. Pasalnya, perolehan kursi Pemilu 2019 lalu tak lagi menjadi cantolan. Peluang satu paket pun cukup besar, terlebih memiliki bupati dan wakil bupati Cirebon.

Bendahara DPC PDIP Kabupaten Cirebon Rudiana SE mengatakan keputusan pemerintah pusat dalam pelaksanaan pemilu di 2024 menguntungkan PDIP. Sebab, mengusung satu pasangan calon bupati dan wakil bupati bisa dikejar.

“Saat ini kursi PDIP di parlemen hanya 8. Merosot. Dari Pemilu 2014 yang 11 kursi. Jadi ketika pemilihan legislatif (pileg) yang bakal dihelat Februari 2024, menjadi semangat kita untuk merebut kembali pucuk pimpinan DPRD dan mengusung satu paket,” ujar Rudiana, Senin (7/6).

Menurutnya, kabar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) digelar setelah pileg menjadi spirit bagi pengurus partai dari tingkat daerah sampai pusat.

Maka, konsolidasi kader terus dilakukan. Diharapkan, di pileg nanti perolehan kursi PDIP di parlemen kembali naik. Targetnya 14 kursi, sama seperti di pileg 2009. Minimalnya 10 kursi.

“Kesempatan kita begitu besar. Merebut simpati masyarakat. Dan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap PDIP,” terangnya.

Ia menjelaskan, ketika hasil pileg 2019 yang digunakan maka PDIP untuk mengusung pasangan calon harus berkoalisi. Namun, tidak menutup kemungkinan di 2024 PDIP akan berkoalisi, meskipun nanti bisa mengusung satu paket.

“Artinya tiket rekomendasi ketika memenuhi persyaratan dari hasil pileg 2024, mengusung satu paket. Kita juga membuka peluang bagi parpol lain untuk berkoalisi,” ungkapnya.

Saat disinggung terkait wancana perubahan dapil dari 7 ke 10 dapil, anggota DPRD tiga periode itu tidak menampik hal tersebut. Ia juga mendengar ada yang tengah kasak-kusuk mengubah dapil. Namun, wacana itu belum diseriusi oleh masing-masing pimpinan partai politik.

“Memang secara aturan dibolehkan mengubah dapil. Dan bisa diubah. Dari 3 sampai 12 dapil. Kalau perubahan dapil. Bagi PDIP itu fifty-fifty. Karena perolehan kursi maksimal satu dapil satu kursi. Tidak bisa lebih. Tapi tidak ketika tetap di dapil VII. Satu dapil, perolehan kursi parpol bisa sampai 2 kursi,” imbuhnya.

Namun, kata Rudiana, perubahan dapil ini harus jelas tujuannya. Bukan untuk bagi-bagi kursi. Mungkin wacana perubahan dapil itu untuk pengoptimalan saat di pileg 2024 nanti.

“Ini harus dibedah lagi. Namun, sampai saat ini pembahasan perubahan dapil belum begitu diseriusi oleh parpol. Termasuk PDIP,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PKS Kabupaten Cirebon Junaedi ST juga memberikan pandangan tentang pesta demokrasi yang akan digelar serentak di 2024. Ia mengatakan Pemilu 2024 akan sangat menarik. Semua parpol akan fight berebut perolehan suara.

“Semua parpol punya peluang. Dan akan bertarung penuh di 2024 nanti. Karena tidak lagi bersandar di hasil Pileg 2019 lalu. Yang 20 persen dari perolehan kursi di parlemen. Bisa mengusung satu paket,” ujar Junaedi usai agenda Rakerda DPD DPD PKS Kabupaten Cirebon, Minggu (6/6).

Ia mengaku, pileg dan pilkada yang diserentakkan itu memang terlalu singkat waktunya. Namun, domain keputusan dan kebijakan politik pemerintah pusat itu harus tetap dijalankan.

“Ini keputusan politis. Kami di daerah tidak bisa bicara lebih dalam. Kita hanya bisa mempersiapkan perangkat untuk merajut kemenangan di pesta demokrasi itu,” ucapnya.

Menurutnya, melalui rakerda, pihaknya sudah ditarget oleh DPW untuk bisa menaikkan perolehan suara. Itu realistis. Apalagi ketika muncul akan ada perubahan dapil dari 7 menjadi 10 dapil.

“Kita targetkan juga peroleh kursi satu dapil, satu kursi. Ini lebih realistis. Ketimbang satu dapil, dua kursi. Momentum rakerda ini tentunya menjadi batu sandaran penting untuk menyongsongnya,” terangnya. (sam/radarcirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.