Langgar PPKM Darurat Covid-19, Denda Miliaran Siap Menanti

oleh -61 views
FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON
FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Pemerintah telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali yang mulai tanggal 3 s/d 20 Juli 2021.

Selama masa pemberlakukan PPKM Darurat Covid-19 ini, sejumlah aktivitas masyarakat akan ada pembatasan.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri No 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali, terlampir sejumlah sanksi bagi para pihak yang melakukan pelanggaran.

Peraturan yang menjadi acuan dalam sanksi tersebut antara lain, Undang-Undang No 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, Undang No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Daerah dan ketentuan perudang-undangan lainnya yang terkait.

Dalam Undang-Undang No 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, menerangkan bahwa bagi siapa saja yang sengaja mengahalangi penanggulangan wabah terangcam dengan pidana penjara maksimal selama 1 tahun dan denda maksimal Rp 1juta.

Sedangkan, bagi siapa saja yang karena kelalaiannya mengakibatkan terhalanginya pelaksanaan penanggulangan wabah, maka ancaman pidana 6 bulan dan denda maksimal Rp 500ribu.

Kemudian, dalam Undang No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan menyatakan, bahwa para pihak yang sengaja menyebarkan penyakit atau faktor resiko kesehatan yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat, maka terancam penjara maksimal 10 tahun dan denda Rp 15miliar.

Dengan sanksi yang begitu besar, harap masyarakat bisa menaati PPKM Darurat Covid-19 yang akan berlaku mulai besok, Sabtu (3/7). (jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.