Kenali Gejala Epilepsi, Berikut Faktor Penyebabnya

oleh -44 views
WASPADA: Kepada orangtua, waspadai gejala epilepsi pada anak. FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON
WASPADA: Kepada orangtua, waspadai gejala epilepsi pada anak. FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Trauma pada saat kehamilan atau pascamelahirkan, bisa menjadi salah satu faktor munculnya penyakit epilepsi pada anak.

Dilansir jpnn, Dokter Spesialis Bedah Syaraf Konsultan Fungsional, Epilepsi dan Bedah Epilepsi, dr Heri Subianto menjelaskan bahwa trauma saat kehamilan biasanya ibu hamil pernah mengalami panas tinggi saat hamil.

“Atau saat proses kelahiran, bayinya tidak keluar-keluar, hal tersebut bisa mengganggu aliran darah ke otak yang dapat menyebabkan konsleting di otak,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, ada infeksi didalam otak yang biasanya ditandai dengan suhu tubuh panas dan mengalami infeksius sampai ke otak.

Faktor lainnya itu bisa karena kelainan tertentu. Kalau ada kelainan epilepsi biasanya berasal dari gen dan kromosom.

“Ini yang sering menyerang anak-anak, tapi tidak semua orangtua tahu mengenai kapan munculnya penyakit tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, epilepsi juga muncul karena trauma pada otak, hal ini terjadi ketika otak mengalami benturan saat kecelakaan. “Makanya, pengendara motor sangat penting menggunakan helm untuk melindungi kepala,” imbuhnya.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah epilepsi dan kejang merupakan dua hal yang berbeda. “Kejang merupakan gejala klinis yang menandakan kerja otak yang berlebihan. Jadi epilepsi ditandai dengan kejang, tapi kejang belum tentu epilepsi,” pungkasnya. (jpnn/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.