Jalan Rusak Ternyata Menghambat Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi

oleh -117 views
FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON
FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Aksesabilitas menuju sarana pelayanan kesehatan sangatlah penting. Hal ini, demi menjamin keselamatan pasien yang membutuhkan pelayanan kegawatdaruratan. Namun, apa jadinya manakala kondisi jalan yang menjadi penunjang aksesabilitas kondisinya rusak parah.

Hal ini terjadi pada akses jalan menuju RSUD Waled. Dari berbagai macam penjuru kondisinya rusak parah, sehingga menghambat pelayanan pasien yang butuh penanganan kegawatdaruratan.

Baca juga: Jalan Warung Asem-Kedawung Katanya Mau Dilebarin? Begini Komentar DPUPR dan DPKPP Kab Cirebon

Bahkan, dengan kondisi jalan tersebut ternyata menghambat penekanan angka kematian ibu dan bayi.

“Menekan angka kematian ibu dan bayi tentunya bukan hanya tugas dari Dinkes dan puskesmas serta RS saja, tetapi juga akses jalan menuju fasilitas kesehatan seperti rumah sakit harus dibenahi  agar angka kematian ibu dan bayi bisa berkurang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj Eni Suhaeni MKes.

Sementara,  Wakil Direktur umum RSUD Waled, Zaenal Abidin mengatakan bahwa kerusakan akses jalan dari dan menuju RSUD Waled sangat mengganggu arus kendaraan pasien yang membutuhkan pelayanan darurat.

“Kerusakan jalan yang menuju akses RS Waled tentunya sangat mengganggu pasien yang membutuhkan pelayanan darurat,”ujarnya.

Zaenal mengungkapkan, pihaknya sangat menyayangkan masih banyaknya jalan rusak yang menghubungkan akses menuju RSUD Waled.

“Kasihan masyarakat yang ingin membutuhkan pelayanan medis darurat seperti ibu ingin melahirkan atau kedaruratan lainnya yang membutuhkan pelayanan kesehatan segera,” tuturnya.

Meskipun belum ada dampak buruk bagi pasien yang ingin berobat segera ke RSUD Waled. Namun, pihaknya berharap akses menuju RSUD Waled bisa segera diperbaiki.

“Kami mempunyai harapan akses jalan bisa segera tertangani, sehingga akses menuju RSUD Waled bisa lancar dan pasien bisa tertangani dengan cepat,” ujarnya.

Sementara itu salah satu warga yang berobat ke RSUD Waled, Raharjo sangat menyayangkan kondisi buruk akses jalan menuju RSUD Waled.

“Kemarin saya bawa saudara yang ingin melahirkan, kondisi jalan cukup buruk untuk bisa ke sini. Untungnya kondisinya masih stabil, kalau nggak bagaimana itu bisa-bisa melahirkan dijalan,”ujarnya.

Dirinya berharap akses menuju RSUD Waled bisa segera dilakukan perbaikkan. “Kasihan kalau ada pasien yang benar-benar segera membutuhkan pertolongan, bisa lebih parah lagi kondisinya karena akses menuju RS Waled rusak parah,” pungkasnya. (den/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.