Jadi Etalase Kabupaten Cirebon, Kawasan Tuparev Mulai Ditata

oleh -361 views
DIPERCANTIK: Kawasan Tuparev mulai dipercantik dengan pemasangan lampu hias bergambar batik mega mendung, Jum’at (25/6). FOTO. SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON
DIPERCANTIK: Kawasan Tuparev mulai dipercantik dengan pemasangan lampu hias bergambar batik mega mendung, Jum’at (25/6). FOTO. SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Kawasan Jalan Tujuh Pahlawan Revoluasi (Tuparev) Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon mulai mendapatkan sentuhan penataan.

Lampu hias bergambar mega mendung menjadi ciri khas tanah wali pun sudah tepasang. Sumber dananya bukan dari APBD.  Support dari corporate social responsibility (CSR).

Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningasih SE MSi menyampaikan, banyak cara Pemerintah Daerah melakukan terobosan baru, sehingga, tidak terpaku menggunakan APBD. Penataan kawasan Tuparev misalnya, sudah mulai berjalan.

“Ini baru pemasangan lampu hias sebagai pemanis. Sementara untuk penataan yang lebih luas, Dinas Perhubungan tengah memajukan proposal ke pemerintah provinsi Jawa Barat,” kata Ayu-sapaan akrabnya kepada Radar, Jum’at (25/6).

Menurutnya, penataan dan pembangunan Kabupaten Cirebon secara menyeluruh menjadi komitmen besar pemerintah daerah. Jalan Tuparev ini menjadi pilot project untuk penataan kawasan lainnya. Apalagi, sepanjang Jalan Tuparev menjadi kawasan metropolis, penyangga Kota Cirebon.

Artinya, mesti ada perbedaan dalam penataan kawasanya secara signifikan yang, ketika dari Kota Cirebon masuk ke Kabupaten Cirebon.

“Maka etalasenya pun harus ada penataan sedemikian rupa. Karena Tuparev merupakan akses keluar masuknya wisatawan dari arah Plumbon, Plered sampai pusat kegiatan ekonomi di Tuparev,” terangnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan, jarak antara perbatasan kota di Tuparev sampai dekat Pertigaan Kedawung panjangnya sekitar 1,4 kilometer. Dari panjang tersebut, sudah terpasang 12 titik lampu hias dengan jarak 120 meter. “Untuk tingginya sendiri 7 meter,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Ayu, trotoar berikut PKL-nya akan ada penataan juga. Fungsi trotoar akan kembalikan lagi. Untuk PKL akan dibuatkan kantung-kantungnya. “Tentunya, ini perlu rapat koordinasi dengan beberapa dinas untuk dilakukan penataan agar bisa lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Cirebon, H Imam Ustadi melalui Kabid Lalu Lintas, Hilman Firmansyah ST menuturkan, penataan Tuparev perlahan mulai dilakukan.

Untuk sementara menghadirkan lampu hias bercorak mega mendung. Anggarannya diambil dari CSR Bank bjb.

Alhasil, Jalan tuparev lebih terang benderang. Selain itu, juga akan menata yang lainnya. Seperti trotoar dan pengaturan PKL-nya. Termasuk juga, lebih menertibkan lalu lintasnya. “Apakah nanti di sana akan di one way atau tidak? Tahun ini akan kita uji cobakan,” pungkasnya. (sam/radarcirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.