Inilah Profil Singkat BUMD Milik Pemdaprov Jabar yang Berprestasi pada Awal Tahun 2021 ini

oleh -2,324 views
APRESIASI: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan apresiasi kepada BUMD Jabar yang sudah berprestasi. Hal ini membuktikan jika BUMD tumbuh dan berkembang. FOTO. HUMAS JABAR
APRESIASI: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan apresiasi kepada BUMD Jabar yang sudah berprestasi. Hal ini membuktikan jika BUMD tumbuh dan berkembang. FOTO. HUMAS JABAR

Radarcirebon.com, CIRTIM – Dalam ajang Indonesia Best BUMD Award 2021 (3/3) lalu, ada 6 (enam) BUMD milik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) yang meraih penghargaan dengan kategori berbeda-beda.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, penghargaan tersebut membuktikan bahwa BUMD Jabar terus tumbuh dan berkembang. BUMD sendiri memiliki peran penting dalam mendongkrak perekonomian daerah.

“Saya bangga, ada enam BUMD di Jabar yang jadi juara di Indonesia salah satunya PT Migas Hulu Jabar, di mana dividen-nya juga luar biasa, setelah bank bjb,” ungkapnya saat menghadiri RUPS Tahunan PT Migas Hulu Jabar di Hotel Intercontinental, Kota Bandung, Selasa (23/3).

Baca juga: BUMD Jabar Untung, Ridwan Kamil: Devidennya Bisa Buat Percepat Pembangunan Daerah

“Saya pun memiliki prinsip kepada perusahaan yang hasilnya baik, dividennya bagus, itu boleh bertumbuh. Jadi boleh mengembangkan usahanya lebih luas,” imbuhnya.

Keenam BUMD Jabar tersebut yakni PT Agro Jabar, PT Jasa Sarana, PT Jaswita, PT Migas Hulu Jabar, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (bank bjb) dan PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar).

Berikut profil singkat keenam BUMD Jabar tersebut :

PT. Agro Jabar

Dikutip dari laman agrojabar.co.id, PT Agro Jabar adalah sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat yang berdiri pada tahun 2013. Tujuan didirikannya perusahaan daerah tersebut adalah untuk meningkatkan daya guna aset daerah, mengembangkan investasi daerah, memberikan kontribusi terhadap PendapatanAsli Daerah (PAD) dan membantu menggerakkan perekonomian daerah. Ruang lingkup usaha utama perusahaan tersebut  di bidang
perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, cadangan pangan dan usaha lainnya di bidang agro. Berikut beberapa produk yang dihasilkan oleh PT Agro Jabar:

  • C-Regar Sari Lemon
  • Arum Sancang (gula aren)
  • Kopi Dago Indie
  • Steviamore (pemanis alami)

PT. Jasa Sarana

PT Jasa Sarana (Perseroan) merupakan Badan Usaha Milik Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Investment Holding Company, menyelenggarakan kegiatan investasi dalam bidang infrastruktur, meliput: transportasi, energi, telekomunikasi, pengembangan kawasan dan jasa konstruksi.

PT. Jaswita

Melansir dari laman jaswitajabar.co.id, PT Jaswita Jabar adalah Badan Usaha Milik Daerah Provinsi Jawa Barat. Perusahaan ini berdiri pada tanggal 6 November 2017.

PT Jaswita Jabar dulunya Perusahaan Daerah (PD) Jasa dan Kepariwisataan Provinsi Jawa Barat. Kemudian, berdasarkan akte notaris yang baru berubah bentuk menjadi PT Jasa dan Kepariwisataan Jabar (Perseroda) atau dapat disebut dengan “Jaswita Jabar”.

Jaswita Jabar bertransformasi menjadi perusahaan profesional yang hadir untuk melayani masyarakat Jawa Barat, Indonesia bahkan manca negara. Layanan perusahaan ini pada 4 bidang bisnis yaitu :

  • Bisnis Perhotelan dan Mall (Hotel Hyatt Regency, Hotel Salak Bogor, Hotel Grand Preanger, Hotel Perdana Wisata, Mall Bandung Indah Plaza)
  • Bisnis Properti (Ruko Pasir Jambu, Gudang Cibadak Sukabumi, Ruko Cibadak Sukabumi, Ranca Bentang Residensial, The Suites Apartement)
  • Bisnis Otomotif dan Perbengkelan (Mobile Care Proton Bandung, Bengkel dan Carwash Bogor)
  • Bisnis Jasa (Jasa Tour and Travel, Jasa Scurity, Jasa Outsourcing, Jasa Catering Sanpedo, dan Jasa Gedung Sebaguna De Majestic Bandung)
  • Bisnis Pariwisata (Gurilaps)
  • Pengembangan bisnis kedepan (Pusat Logistik Berikat, Wanawisata, Palaguna Building, Hotel Bandara Internasional Kertajati dan Pondok Seni Pangandaran)

Dalam menjalankan bisnisnya, PT Jaswita Jabar melayani dua bentuk/model bisnis yaitu: melayani konsumen secara langsung (baik personal atau korporat) dan melayani kerja sama dengan mitra dalam membangun suatu proyek.

PT. Migas Hulu Jabar

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman migashulujabar.co.idPT Migas Hulu Jabar (MUJ) adalah BUMD Migas milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bergerak dalam bidang Eksplorasi dan Produksi Migas, serta Jasa Penunjang Energi. MUJ berdiri sejak 25 November 2014, yang kepemilikan sahamnya 100 persendimiliki oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Bisnis dari perusahaan tersebut, antara lain :

  • Pengelolaan Participating Interest (PI) 10 % Wilayah Kerja (WK) Offshore Nort West Java (ONWJ)
  • Ekspolrasi dan produksi lapangan migas
  • Ketenagalistrikan
  • Pemasangan PV Rooftop solar cell
  • Pembangunan dan pengelolaan jaringan gas
  • Pengolahan sampah menjadi energi

PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)

BUMD yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu dan paling populer dikalangan masyarakat Jawa Barat. Sebelum menjadi bank bjb seperti sekarang, pada tahun 1915 hadir De Eesrte Nedelandsche (DENIS) merupakan salah satu bank tabungan dan hipotik di Hindia Belanda. Kemudian, tahun 1961 perseroan berdiri dengan nama PT Bank Kerja Pembangunan Daerah Djawa Barat hasil nasionalisasi bank NV Denis pada masa pemerintahan kolonial. Pada tahun 1972, PT Bank Kerja Pembangunan Daerah Djawa Barat menjadi Perusahaan Daerah (PD) Bank Kerja Pembangunan Daerah Djawa Barat. Di tahun 1992, aktivitas bank tersebut ditingkatkan menjadi Bank Umum Devisa. Pada tahun 2007, nama perseroan berubah menjadi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten yang kemudian disebut Bank Jabar Banten. Baru ditahun 2010 bank ini berubah menjadi bank bjb dan secara remsi mencatatkan saham perdananya (IPO) di Bursa Efek Jakarta (BEI).

Sebagai perseroan perbankan, bank bjb mempunyai bisnis dan layanan, berupa pinjaman, simpanan dan layanan perbankan lainnya, dengan berbagai macam produk yang bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah, karena sudah memiliki kantor cabang dan unit diseluruh pelosok Jawa Barat.

PT. Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar)

Disunting dari laman tirtagemahripah.co.id, PT Tirta Gemah Ripah atau yang juga dikenal dengan nama Tirta Jabar didirikan dengan latar belakang bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) ingin mereformasi pengelolaan sumber daya air yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk memperkuat eksistensi Perseroan, DPRD Provinsi Jawa Barat menyetujui pengukuhan pendirian Perseroan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan Peraturan Daerah (Perda) No.12 Tahun 2006, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Gubernur. Peraturan No.35 / 2007 yang berisi penjabaran dari Peraturan Pendirian.

Perseroan fokus pada bidang usaha yang terkait dengan pengelolaan sumber daya air yaitu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTM). (jun/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.