Hati-hati, Jl Pangeran Cakrabuana Sumber-Talun Berbahaya

oleh -101 views
RAWAN KECELAKAAN: Kondisi Jl Pangeran Cakrabuana Sumber-Talun cukup membahayakan. Puluhan lubang menganga di sepanjang jalan tersebut. FOTO. OKRI RIYANA/RADAR CIREBON
RAWAN KECELAKAAN: Kondisi Jl Pangeran Cakrabuana Sumber-Talun cukup membahayakan. Puluhan lubang menganga di sepanjang jalan tersebut. FOTO. OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIRTIM – Kondisi Jl Pangeran Cakrabuana Sumber-Talun, Kabupaten Cirebon cukup membahayakan. Puluhan lubang menganga di sepanjang jalan tersebut.

Butuh kehati-hatian saat melintas. Jika tidak, bisa terjungkal. Terang saja, kedalaman lubang  cukup dalam. Terparah tepat di depan minimarket.

Baca juga: Lama Tak Diperbaiki, Begini Kondisi Jalan Pabuaran-Ciledug

Rusaknya infrastruktur jalan itu lantaran dihantam hujan. Upaya perbaikan belum dapat dilakukan. Sebab, cuaca tidak mendukung.

“Jl Pangeran Cakrabuana ini rutin rusak. Apalagi saat musim hujan. Lubangnya pun cukup lumayan. Setidaknya harus cepat diperbaiki untuk meminimalisasi kecelakaan,” kata salah satu pengguna jalan, Ujang Sawita, kepada Radar, kemarin (27/1).

Menurutnya, arus lalu lintas di jalan itu juga cukup padat. Akibatnya, menimbulkan kemacetan yang panjang ketika jam-jam padat. Maka, harus ada langkah cepat dari Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Mengingat, jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah provinsi.

“Sudah macet. Ditambah kondisi jalan rusak dan berlubang. Timbulnya tambah macet, karena kendaraan akan mengurangi kecepatannya. Yang bahaya saat jalan mulai lengang. Apalagi, di malam hari. Ini bisa membahayakan,” ungkapnya.

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPTD Wilayah Pelayanan VI Dinas Bina Marga dan Penataan ruang Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Muhamad Yusa ST membenarkan, kondisi Jl Pangeran Cakrabuana banyak yang rusak. Namun, belum bisa langsung ada perbaikan. Sebab, masih menunggu produksi AMP atau mesin pengolah aspal.

“Pemeliharaan jalan memang sudah masuk program kita. Bahkan, slot anggarannya sudah ready sebesar Rp25 miliar, khusus untuk pemeliharaan jalan di wilayah VI provinsi. Hanya saja butuh proses dalam pengadaan-nya,” kata Yusa.

Baca juga: Bupati Cirebon: Tahun Ini Jalan Rusak Diperbaiki

Untuk penanganan jalan berlubang itu, sambung Yusa, pihaknya akan melakukan penambalan sementara. Tapi tidak dihotmix, persisnya seperti agregat. Itupun khusus yang kondisi lubangnya dalam.

“Kondisi cuaca memang tidak mendukung. Sebagai bentuk antisipasi sementara, besok (hari ini, red) akan kita tambal,” pungkasnya. (sam/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.