Diperbatasan Kab Cirebon dengan Kuningan dan Brebes, Ternyata Ada Ini

oleh -205 views
POTENSI DAERAH: Desa Tonjong, Kecamatan Pasaleman, mempunyai potensi wisata Pepaya California yang harus dikembangkan untuk memberikan kemanfaatan ekonomi bagi masyarakat. FOTO. SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON
POTENSI DAERAH: Desa Tonjong, Kecamatan Pasaleman, mempunyai potensi wisata Pepaya California yang harus dikembangkan untuk memberikan kemanfaatan ekonomi bagi masyarakat. FOTO. SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Potensi daerah di Kabupaten Cirebon belum tergali maksimal. Di Desa Tonjong, Kecamatan Pasaleman, misalnya, ada lokasi yang pas untuk lokasi agrowisata. Disana sudah ada tanaman pepaya california, durian, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, pada Selasa (22/6),Bupati Drs H Imron MAg dan Wakil Bupati Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi melihat lokasi tersebut.

Kuwu Desa Tonjong, Yuherna, mengatakan mayoritas masyarakat desanya bekerja sebagai petani pepaya california dengan luas lahan garapan 176 hektare.

Baca juga: Hasil Seleksi Direksi PDAM Tirtajati, Dedi Samanhudi: Sudah Ditangan Bupati

Namun, ada juga mereka yang berprofesi sebagai petani tebu yang menggarap di 250 hektare. “Di kita juga ada lahan Porang dengan luas lahan 15 hektare. Durian Montong 5 hektare, dan sereh wangi 12 hektare,” kata Yuherna.

Menurutnya, luas lahan ratusan hektare itu akan berkembang menjadi kawasan agrowisata. Bahkan sudah ada peraturan bupatinya.

Tahun ini, rencana tersebut akan mulai. Pemerintah provinsi pun sudah menganggarkan. Hanya saja, belum cair. Mungkin karena masih pandemi Covid-19. “Untuk alokasinya sendiri lupa,” katanya.

Baca juga: Pengusaha Buat Pernyataan, Satpol PP Lepas Segel Proyek

Meski demikian, pemerintah desa setempat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sudah menyiapkan anggaran Rp100 juta sebagai pemula. Rencananya juga APBD Kabupaten Cirebon pun akan menyiapkan itu.

Ia mengungkapkan, semua lahan itu bukan milik perorangan, melainkan Perhutani. Pengelolaan nanti bagi hasil, antara warga dan Perhutani. Skemanya 60 Perhutani dan 40 petani penggarap. “Bagi hasil itu sudah di MoU-kan,” ucapnya.

Yuherna menjelaskan, Desa Tonjong ini adalah wilayah  perbatasan Kabupaten Cirebon dengan Kabupaten Brebes dan Kuningan.

Baca juga: Infrastruktur Daerah Masih Tertinggal, Kadis PUPR Kab Cirebon: Saya Malu

Namun, akses jalan untuk menuju lokasi agrowisata Pepaya California ini masih rusak. Perlu peningkatan jalan. Sekitar 2 km lagi.

“Daerah perbatasan ini harus ada perbaikan infrastruktur. Agar banyak yang melirik. Apalagi sebelah timur Desa Tonjong adalah Kabupaten Brebes, sedangkan sebelah Selatan-nya adalah Kabupaten Kuningan. Kita jangan kalah,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengatakan pihaknya sangat mendukung kemajuan suatu wilayah. Apalagi di perbatasan. Support anggaran pun akan diberikan.

“Potensinya bagus. Kawasannya sudah banyak tanaman pepaya California. Harus terus berkembang,” katanya. (sam/radarcirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.