Dibutuhkan Uang Segini Untuk Perbaiki Sekolah di Kab Cirebon

oleh -65 views
ILUSTRASI FROM DISDIK KAB CIREBON
ILUSTRASI FROM DISDIK KAB CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Aan Setiawan mengungkapkan, butuh anggaran Rp500 miliar untuk bisa memperbaiki seluruh bangunan sekolah tingkat SD yang mengalami kerusakan.

 “Ini untuk bangunan SD saja ya. Itu kalau semuanya diperbaiki kita butuh anggaran Rp500 miliar,” kata Aan, Kamis (17/6).

Dikatakan Aan, untuk tahun 2021 ini, anggaran perbaikan bangunan sekolah di Kabupaten Cirebon sekitar Rp30 miliar. “Rp25 miliar dari DAK (Dana Alokasi Khusus, red) dan Rp5 miliar dari APBD Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.

Baca juga: Aturan Pilwu Kab Cirebon Dikebut Selesai Akhir Juni

Diakui Aan, mayoritas bangunan sekolah di Kabupaten Cirebon sudah 20 tahun belum dilakukan renovasi. “Jadi memang banyak kerusakan karena mayoritas 20 tahun belum diperbaiki,” ujarnya.

Menurut politis PDIP ini, penyakit utama banyaknya bangunan sekolah di Kabupaten Cirebon yang mengalami kerusakan karena perbaikan dilakukan secara bertahap tidak menyeluruh.

“Jadi yang satu sudah beres,  kemudian tahun kedepan yang kedua sudah beres,  maka belum selesai perbaikan seluruhnya yang kesatu sudah harus dilakukan perbaikan lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Cirebon Denny Supdiana mengakui, jika ada ribuan sekolah di Kabupaten Cirebon yang mengalami kerusakan. Anggaran yang sangat terbatas menjadi hambatan utama dalam memperbaiki bangunan sekolah. “Total SD mungkin ada ribuan (bangunan sekolah, red) yang rusak,” kata Kadisdik Denny Supdiana.

Baca juga: Catatan Distan Kab Cirebon, Produksi Beras 2020 Surplus

Namun, pihaknya saat ini tengah melakukan perbaikan bangunan sekolah meskipun harus bertahap tidak bisa dilakukan sekaligus. “Itu sudah masuk dalam daftar tunggu untuk perbaikan,” katanya.

Lebih lanjut, dikatakan Denny, perbaikan bangunan sekolah harus dilakukan secara bertahap karena anggaran yang cukup terbatas.

“Bagaimanapun dana kita terbatas, sehingga itu selalu daftar tunggu, daftar skala prioritas mungkin itu,” tuturnya.

Menurutnya, setiap tahun selalu ada perbaikan bangunan sekolah. Tidak kurang dari 200 bangunan sekolah diperbaiki melalui APBD.

Baca juga: Mau Bangun USB, Ini Kata Ketua Komisi IV DPRD Kab Cirebon

Dikatakan Denny, kerusakan bangunan sekolah lebih banyak di tingkat SD. Sedangkan untuk tingkat SMP tidak terlalu banyak.

“Kalau SMP memang sudah banyak yang bagus, memang masih ada beberapa yang masih rusak,” katanya lagi. (den/radarcirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.