Di Polsek Ciwaringin, Ada Bintara Bergelar Doktor, Berikut Profilnya

oleh -6.009 views
Bripka Dr. Asep Hermawan, SH, MH, M.Kn
Bripka Dr. Asep Hermawan, SH, MH, M.Kn

Radarcirebon.com, CIRTIM  – Menarik, di jajaran Polresta Cirebon ada bintara polisi berpangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka) yang menjadi dosen. Sementara, mahasiswanya adalah para perwira yang berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) sampai dengan Komisaris Polisi (Kompol).

Beliau adalah Bripka Dr Asep Hermawan SH MH MKn (40), pada Januari 2021 lalu telah mendapatkan gelar doktor sekaligus magister keduanya. Hal itu, menjadikan Asep Hermawan sebagai anggota Polresta Cirebon yang mempunyai pendidikan tertinggi, khusunya di Bintara.

Itulah yang menjadikan Bripka Asep menjadi dosen untuk sebagian besar perwira yang ada di Mako Polresta Cirebon. “Saya menjadi dosen di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon sudah 10 tahun,” katanya saat ditemui Radar Cirebon di Polsek Ciwaringin, Senin (19/4).

Berkat jalinan kerja sama antara UNU dengan Polresta Cirebon, Bripka Asep pun bisa mengembangkan keilmuannya dengan menjadi seorang dosen.

“Banyak anggota kepolisian yang menjadi mahasiswa. Ada perwira dan Bintara pun banyak. Lebih dari tiga orang yang pernah menjadi mahasiwa saya sudah berpangkat Kompol,”lanjutnya.

Berkat dedikasinya dalam bidang pendidikan tinggi, Bripka Asep sudah tidak asing dikalangan anggota kepolisian Polresta Cirebon.

Setiap Kapolres yang menjabat, akan tahu dan selalu mendukungnya. Karena, tatap muka perkulihan yang digelar, biasanya dilakukan di salah satu ruangan Mako Polresta Cirebon. Mengingat sebagian muridnya dari anggota Polresta Cirebon.

“Setiap Kapolres mendukung dan diberikan sarana prasarananya. Kapolres juga mengapresiasi saya dalam meningkatkan SDM Polri,” ujarnya.

Agar tidak berbenturan dengan jadwal dinas sebagai anggota kepolisian, Bripka Asep pun harus pandai mengatur waktu, sehingga kegiatan perkuliahan tidak mengganggu jam dinas kepolisian.  “Intinya memberikan kemudahan Polri dalam mengikuti perkuliahan,” kata polisi menjabat Kanit Provos di Polsek Ciwaringin.

Salah satu yang pernah menjadi mahasiswa Bripka Asep adalah Kompol Tutu Mulyana. Waktu menjadi mahasiswa, Tutu Mulyana adalah Kapolsek Ciwaringin yang merupakan pimpinan langsung Bripka Asep Hermawan saat menjalankan tugas menjadi anggota Polri. Meskipun demikian, Asep tidak mengurangi profesionalnya.

 “Awalnya, ada saja rasa canggung, karena beliau adalah pimpinan saya di Kepolisian. Tapi, saya harus profesional. Meskipun di kedinasan beliau atasan saya. Kalau di kelas, saya tetap memberikan mata kuliah kepada mahasiswa,” ungkapnya.

“Kalau ada tugas mau tidak mau harus dikerjakan, sesuai aturan kampus. Karena nilai yang akan keluar harus mengerjakan tugas. Adapun kalau di luar kelas ya saya menghormati beliau sebagai pimpinan saya,” terangnya.

Mengingat banyak mahasiswa yang perwira, Bripka Asep Hermawan mengemas cara belajar secara khusus, seperti shering atau diskusi tentang pelajaran, dan lainnya. Tapi,  tidak ada alasan, setiap mahasiswannya untuk berkewajiban mengumpulkan tugas.

“Alhamdulillah berjalan lancar, meskipun mahasiswa pejabat dan Perwira Polresta Cirebon. Selama ini, di kelas Polres, khusus yang mahasiswanya adalah karyawan yang sudah bekerja. Kami memberikan kebijakan kusus untuk kelas Polres karena perkuliahan di luar kampus. Kalau kelas reguler tetap di kampus,” tandasnya. (cep/radarcirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.