Cegah Penyebaran Covid-19, Libur Paskah ASN Dilarang Pergi Keluar Kota

oleh -30 views

Radarcirebon.com, CIRTIM – Selama libur paskah, pemerintah melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) bepergian keluar kota atau pulang kampung. Larangan ini merupakan upaya pemerintah untuk menekan angka penularan Covid-19 ke penjuru daerah.

Dilansir dari Fajar Indonesia Network (FIN),  larangan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 7 Tahun 2021. SE tersebut mengatur tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah bagi Pegawai ASN selama Hari Peringatan Wafat Isa Al Masih Tahun 2021.

ASN diperbolehkan melakukan kegiatan ke luar daerah, asal mempunyai surat tugas dari pejabat eselon II atau izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian di lingkungan instansinya.

Baca juga: Baru Awal Tahu, ASN di Kab Cirebon Sudah Banyak yang Cerai

Kemudian, selama libur juga, seluruh ASN tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Yaitu 5M (masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan, membatasi pergerakan).

“Apabila ada ASN kedapatan melanggar ketentuan SE, seluruh pejabat pembina kepegawaian dapat memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan,” kata Menteri PANRB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Kamis (1/4).

Sanksi yang akan diberikan oleh ASN yang melanggar SE tersebut, tegas Tjahjo, adalah mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

 Selain itu, PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). (fin/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *