Bupati Cirebon: Tahun Ini Jalan Rusak Diperbaiki

oleh -25 views
RUSAK BERAT : Kondisi ruas jalan di Desa Buyut Kecamatan Gunung Jati rusak berat. Kondisi tersebut sudah terjadi beberapa tahun terakhir karena perbaikan yang dilakukan hanya tambal sulam. FOTO. ANDRI WIGUNA/ RADAR CIREBON
RUSAK BERAT : Kondisi ruas jalan di Desa Buyut Kecamatan Gunung Jati rusak berat. Kondisi tersebut sudah terjadi beberapa tahun terakhir karena perbaikan yang dilakukan hanya tambal sulam. FOTO. ANDRI WIGUNA/ RADAR CIREBON

CIRTIM – Jalan rusak di Kabupaten Cirebon akan mendapat prioritas pembangunan pada tahun anggaran 2021 kali ini.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cirebon Drs H Imron Mag saat menjawab pertanyaan wartawan yang mengonfirmasi banyak jalan rusak dan infrastruktur lainnya terlebih saat ini memasuki fase puncak musim hujan.

Menurut Imron, ada beberapa hal yang membuat kondisi jalan mengalami kerusakan. Salah satunya, curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama beberapa bulan terakhir.

“Saya juga banyak terima laporan, ada beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan ringan hingga berat. Insya Allah akan kita mulai perbaiki tahun ini,”ujarnya.

Kondisi lainnya juga disebabkan oleh refocusing anggaran yang dilakukan pada tahun anggaran 2020 sehingga banyak anggaran dan alokasi yang awalnya untuk perbaikan dan peningkatan jalan yang dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Sebenarnya perbaikan jalan mulainya sejak tahun lalu. Tapi kita tahu bersama kalau tahun lalu kita ada relokasi anggaran besar-besaran untuk penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Anggaran yang ter-recofusing cukup besar. Hampir seluruh kegiatan di SKPD dialihkan untuk penanganan Covid-19 selama tahun 2020. Hal tersebut membuat dinas-dinas teknis tidak bisa berbuat banyak dan baru akan merencanakan kegiatan yang tertunda di tahun 2021.

“Sekarang sejumlah SKPD sudah mulai bergerak. Ada yang sudah jalan ada yang masih melakukan perencanaan. Intinya kita siap untuk memperbaiki jalan-jalan rusak yang tertunda di 2020,”jelasnya.

Sementara itu, Kuwu Buyut, Wandi mengatakan salah satu ruas jalan yang kerusakannya cukup parah di Kabupaten Cirebon ada di Desa Buyut, Kecamatan Gunungjati. Menurutnya, ruas jalan tersebut selama ini hanya tambal sulam sehingga tak pernah bertahan lama. Jalan kembali rusak jika hujan datang.

“Belum lama ini diperbaiki tapi hanya tambal sulam. Ya kena hujan rusak lagi. Kalau saya sih inginnya dibeton biar awet. Tidak rusak lagi kalau hujan. Kasihan warga sama pengguna jalan, kalau lewat jalur ini pasti kewalahan,” ungkapnya. (dri/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.