Belum Ada Perbaikan, Warga Ciuyah Lakukan Swadaya Tambal Jalan Rusak

oleh -56 views
GOTONG ROYONG: Warga dengan swadaya melakukan perbaikkan sementara dijalan poros desa yang amblas. FOTO. ISTIMEWA/RADAR CIREBON
GOTONG ROYONG: Warga dengan swadaya melakukan perbaikkan sementara dijalan poros desa yang amblas. FOTO. ISTIMEWA/RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIRTIM – Jalan poros Desa Ciuyah Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon yang menghubungkan dengan luar desa sudah tiga bulan amblas. Karena belum ada perbaikkan, warga Desa Ciuyah swadaya melakukan perbaikkan.

Kuwu Ciuyah, Wasminta mengatakan jalan amblas ini lantaran tergerus air yang berada di bawah jalan.

“Jadi di bawah jalan ini ada saluran air untuk irigasi sawah. Karena sering banjir ketika musim hujan, jalan yang berada di atasnya amblas,”ujarnya.

Baca juga: Akibat Erosi, Jalan Akses Desa Ciuyah Rusak

Wasminta mengatakan meskipun sudah amblas tiga bulan namun hingga saat ini belum ada penanganan apapun dari instansi terkait.

“Sedangkan ini jalan akses utama warga kami ke luar masuk desa. Sudah tiga bulan warga mengeluhkan jalan menjadi sempit,” tuturnya.

Oleh sebab itu, pihaknya bersama dengan warga secara swadaya melakukan penanganan sementara. Caranya mengecor jalan yang amblas.

“Kami desa membelikan alat dan materialnya, tenaganya dilakukan secara bersama bergotong royong dengan warga dan pemdes, dilakukan sampai malam hari,” ujarnya.

Pihaknya melakukan pengecoran sehingga aliran air untuk irigasi sawah di bawahnya tetap berfungsi.

Wasminta mengungkapkan pihaknya berharap instansi terkait segera melakukan penanganan permanen.

“Kita hanya untuk penanganan sementara dulu supaya warga akses jalannya tidak terganggu. Kami berharap penanganan permanen bisa segera dilakukan oleh PUPR ataupun instansi lainnya,” ujarnya. (den/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *