Arab Saudi dan Italia Join Jadi Tuan Rumah PD 2030

oleh -33 views
FOTO ILUSTRASI: dreamstime.com
FOTO ILUSTRASI: dreamstime.com

Radarcirebon.com, CIRTIM – Negera petrodollar Arab Saudi secara serius mengajukan diri sebagai tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia 2030.

Namun, pengajuan yang mereka lakukan cukup unik. Pasalnya, negara padang pasir ini mengajak Italia untuk jadi tuan rumah bersama.

Untuk perhelatan Piala Dunia 2030, dua negara yang berbeda benua ini sama-sama mengincar. Sebab, pada tahun tersebut, usia turnamen sepakbola terbesar di dunia ini berusia 100 tahun.

Selain Arab Saudi dan Italia, sejauh ini sudah ada negara yang berkeinginan sama, yakni Uruguay yang notabene negara pertama yang menyelenggarakan Piala Dunia di tahun 1930.

Kemudian, ada dua negara di semenanjung Iberia, yakni Portugal-Spanyol. Serta, dua negara Britania Raya, yakni Inggris-Republik Irlandia.

Baca juga: UEFA Umumkan Tuan Rumah Final Liga Champions 2022/2023

Ambisi Arab Saudi begitu menyita perhatian, karena mengajak Italia yang bukan bagian dari benua Asia, melainkan Eropa.

Diketaui, The Boston Consulting Group bakal menjadi penasihat untuk Arab Saudi dalam upaya mereka mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Italia dipilih sebagai pendamping, karena ada kemungkinan Piala Dunia di masa mendatang tak hanya digelar dalam satu negara saja.

Awalnya, Arab Saudi ingin menggandeng negara Timur Tengah lainnya, seperti Maroko atau Mesir. Namun, kendala infrastrukturnya begitu berat.

Italia juga sudah menyatakan bahwa mereka punya ambisi untuk menjadi tuan rumah Euro 2028. Mereka juga siap jika ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia dua tahun berselang.

Rencana yang digagas Arab Saudi terdengar tak masuk akal. Namun sebenarnya, bagi mereka rencana itu sangat memungkinkan karena negara tersebut memiliki segalanya.

Arab Saudi siap menyusun rencana secara baik dengan pendamping dari The Boston Consulting Group. (fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.