Akibat Erosi, Jalan Akses Desa Ciuyah Rusak

oleh -18 views
FOTO. DENY HAMDANI/RADAR CIREBON. BOLONG: Aparat Desa Desa Ciuyah, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon tengah meninjau jalan amblas akibat tergerus air.
FOTO. DENY HAMDANI/RADAR CIREBON. BOLONG: Aparat Desa Desa Ciuyah, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon tengah meninjau jalan amblas akibat tergerus air.

CIRTIM – Akses jalan masuk menuju Desa Ciuyah, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon rusak dan terancam putus. Pasalnya, jalan tersebut amblas.

“Kejadian tadi pagi habis Subuh, jalan amblas hampir sebagian jalan,” kata Kuwu Desa Ciuyah, Wasminta kepada Radar, selasa (12/1).

Menurutnya, Amblasnya jalan tersebut diakibatkan oleh gerusan air yang berada dibawah jalan. “Jadi dibawah ada gorong-gorong yang menghubungkan DI Ambit ke area persawahan, karena gorong-gorong tersebut tersumbat sehingga air mengarahnya keatas dan mengikis jalan dan aspal sehingga jalan amblas,”tuturnya.

Jika tidak segera diperbaiki, lanjut Wasminta, maka besar kemungkinan jalan amblas semakin melebar dan mengancam akses masuk Desanya.

“Ini saja baru hampir setengah jalan yang amblas, bisa-bisa akses jalan ke Desa kami terputus jika jalan amblasnya melebar,” ungkapnya.

Apalagi, jalan tersebut akses utama dan jalur perekonomian warga. “Sekarang lagi panen pertanian, akses truk lewat sini semua, jadi jalan ini sangat penting juga untuk akses perekonomian warga,” bebernya.

Sementara, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cirebon, Iwan Rizky kepada Radar mengatakan gorong-gorong dan DI Ambit merupakan ranah dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat.

“Ini kewenangan dari Propinsi karena DI Ambit dan juga gorong-gorong ini ranah pengairan Propinsi Jawa Barat,”tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya akan segera melakukan penanganan sementara terhadap jalan amblas tersebut.

“Kita akan melakukan penanganan sementara dulu sambil kita laporkan hal tersebut ke Propinsi, kita akan beri plat baja terlebih dahulu agar kendaraan seperti mobil bisa lewat dan akses perekonomian warga tidak terhambat,” pungkasnya.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.