1,3 Juta Lowongan CPNS Tahun 2021 Siap Dibuka, MenPANRB: Jumlah Formasi Terbanyak Sepanjang Sejarah

oleh -196 views
REKRUTMEN CPNS: Peserta CPNS 2019 wilayah II Cirebon tengah bersiap mengikuti ujian tertulis yang dipusatkan di Kampus UMC. Rencananya, pemerintah kembali melakukan rekrutmen CPNS di tahun 2021 ini. FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON
REKRUTMEN CPNS: Peserta CPNS 2019 wilayah II Cirebon tengah bersiap mengikuti ujian tertulis yang dipusatkan di Kampus UMC. Rencananya, pemerintah kembali melakukan rekrutmen CPNS di tahun 2021 ini. FOTO. DOKUMEN RADAR CIREBON

CIRTIM – Tahun ini, pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Totalnya, ada 1,3 juta formasi.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintahan di daerah dan pusat.

“Pembukaan formasi ini melalui pendekatan kebutuhan instansi, dengan mempertimbangkan alokasi SDM sesuai dengan keahlian yang memang perlu dalam rangka mewujudkan target pembangunan nasional maupun daerah,” katanya, Kamis (4/3).

Baca juga: Siap-Siap, Kepala BKPSDM: Jabatan Fungsional di Pemkab Cirebon Akan Mutasi April Mendatang

Untuk itu, dia meminta agar calon ASN yang direkrut merupakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Agar cita-cita menjadi birokrasi kelas dunia dapat terwujud.

“Saya berharap Kementerian PANRB dapat mengkoordinasikan pelaksanaan rekrutmen tahun ini dengan sebaik mungkin, agar pemerintah benar-benar memperoleh talenta-talenta terbaik bangsa, bibit-bibit SDM ASN unggul yang mampu mewujudkan birokrasi kelas dunia,” harapnya.

Dia menjelaskan, sejak 2012, pemerintah terus berupaya memperbaiki sistem perencanaan dan pengadaan pegawai.

Perbaikan sistem tersebut melalui Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, guna memenuhi kriteria sistem merit, tambahnya.

Wapres menjelaskan, rekrutmen ASN tahun ini berlangsung melalui dua cara, yaitu menyaring 1.000.000 guru melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta untuk memperoleh pegawai ASN untuk instansi pusat dan daerah, baik lewat skema reguler dan PPPK.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan penerimaan ASN kali ini merupakan jumlah formasi terbanyak sepanjang sejarah seleksi ASN di Indonesia. “Jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya,” katanya.

Hal tersebut terjadi karena ketiadaan penerimaan dan seleksi calon ASN pada 2020 akibat pandemi Covid-19, serta keikutsertaan jabatan guru PPPK di seleksi nasional.

Pemerintah membuka formasi sebanyak 1,3 juta posisi untuk 1.000.000 guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), 189.000 untuk pemerintah daerah, dan 83.000 untuk instansi pemerintah pusat. (gw/fin/radar cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.